Modifikasi motor trail dari jenis motor sport memang lebih mudah ketimbang dari basic motor bebek, tapi dalam modifikasi tentunya tidak bisa dengan perhitungan yang asal, karena apabila samapai salah perhitungan misalnya dalam pemilihan komponen dan presisi pemasangannya akan mengakibatkan motor malah tidak enak untuk dikendarai atau bahkan tidak aman untuk dipakai.
Untuk masalah rangka
motor trail, Joko Abdillah tidak mau rempong dan ambil pusing untuk perhitungan yang njelimet
dan hasil yang belum tentu enak untuk dipakai dan dipandang mata. Alhasil Joko
abdillah atau biasa dipanggil akrab Joe akhirnya memilih untuk membeli sebuah
rangka copotan dari motor temannya dijakarta yang kebetulan temennya juga lagi
ganti rangka motor.
Yang menurut
paparan temennya, rangka motor dari bahan pipa dengan diameter main frame 1 dim
(1 inch = 2,5 cm) dan sub frame menggunakan ukuran setengah dim (1,25 cm). Itu desainnya
merujuk pada rangka motor trail jenis KTM 250 terang dia. Rangka motor trail
pun dibeli sekalian bodi fulset KTM 250 dengan mahar sekitar 8jt rupiah imbuh
dia.
Setelah rangka yang baru dibeli diaplikasikan dengan mesin motor honda tiger tahun 2008
miliknya, ternyata sangat klop alias pas. Karena kebetulan rangka motor trail
tersebut oleh pemilik sebelumnya juga diaplikasikan dengan mesin motor honda
tiger. Hannya saja kali ini iya tambahkan nomor rangka agar bisa untuk
mengaspal dijalan raya”, ungkap dia
lagi.
Image source www.motorplus-online.com
Supaya mudah dalam pemasangan si
Joe-pun mengaplikasikan shock depan punya motor KTM 250 sehingga presisi dan
kenyamananpun terjamin. Untuk ayunan belakang jatuh pada pilihan swing arm plus
monoshock motor Yamaha YZ 250 yang tadinya sudah Ia beli sebelum Rangka motor
KTM 250 datang, tegas” Joe.
Yang terakhir kali, “Joe juga membeberkan
sedikit modifikasi pada mesin tiger 2008 miliknya yaitu pada area dapur pacu. Kali
ini dia melakukan sedikit custom kruk as, noken as, dan penggantian karbu juga
dilakukan. Demikian demi menyesuaikan medan trek advanture yang membutuhkan
sedikit lebih tenaga motor untuk melibasnya.
Namun ubahan mesin yang dilakukan
tidaklah terlalu extreme supaya mesin lebih tahan lama untuk dipakai ber
adventure. Modifikasi mesin honda tiger 2008 miliknya kali ini Joe” serahkan
kepada bengkel ahli kepercayaannya yaitu ADK Garage Jl. Kedurus 3SD No.12 kota
Surabaya, Jawa Timur. (www.motorplus-online.com).
Dan ini dia data modifikasinya:
Dan ini dia data modifikasinya:
Ban depan :
Kenda 90/100-21
Ban belakang :
Kenda 110/100-18
Pelek depan :
TK 1,60x21”
Pelek belakang : TK 2,15x18”
0 komentar:
Posting Komentar